Jumat, 29 Desember 2017

CIRI-CIRI PEMBELAJARAN BERMAKNA

Berikut ini bakal dibahas ciri-ciri pembelajaran bermakna sebagai berikut :
1.   Proses pembelajaran wajiblah mengaitkan info baru dengan info Pulsa Via Paypal yang telah ada pada diri siswa.
Faktor penting yang mempengaruhi belajar siswa adalah apa yang telah dikuasai siswa. Pembelajaran bakal lebih bermakna apabila info baru yang bakal disampaikan guru dikaitkan dengan apa yang telah dikuasai siswa. Menurut teori belajar David Ausubel, dalam menolong siswa menanamkan pengetahuan baru dari sebuahmateri, sangat diperlukan konsep-konsep awal yang telah dimiliki siswa yang berkaitan dengan pengetahuan baru yang bakal dipelajari. Proses pengintegrasian info alias pengetahuan baru ke dalam struktur kognitif yang telah dimiliki siswa disebut dengan subsumsi.
2.    Dalam proses pembelajaran wajib terkesan adanya proses mental (minat dan motivasi) dan aktifitas yang tinggi.
Pembelajaran bakal lebih bermakna apabila dalam kegiatan pembelajaran terkesan adanya proses mental yang bisa diamati, semacam motivasi yang kuat, ketertarikan dan semangat dalam belajar yang tinggi. Apabila proses mental ini terkesan dalam pembelajaran menjadikan pembelajaran lebih manjur. Motivasi diartikan sebagai tenaga/energi penggerak seseorang untuk meperbuat aktivitas tertentu untuk mencapai tujuan. Dalam hubungannya dengan pembelajaran, motivasi sebagai tenaga/energi penggerak yang menjadikan siswa meperbuat kegiatan belajar dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dalam pembelajaran motivasi yang kuat sangat menentukan tingkat kesuksesan seorang siswa dalam belajar. Ada dua kegunaaan motivasi dalam pembelajaran yaitu sebagai pendorong siswa untuk beraktivitas dan sebagai pengarah. Sebagai pendorong aktivitas siswa bisa menumbuhkan semangat siswa dalam melaksanakan aktivitas belajar. Dorongan ini bisa datang dari dalam diri siswa sendiri yang disebut dengan motivasi instrinsik dan bisa datang dari luar diri siswa  yang disebut dengan motivasi ekstrinsik. Motivasi sebagai pengarah adalah dalam bentuk tingkah laku yang ditunjukkan siswa diarahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
3.    Materi pembelajaran wajiblah sesuatu yang penting bagi siswa.
Dalam pembelajaran bermakna materi pembelajaran wajib terasa pentingnya bagi siswa, artinya materi tersebut mengandung kualitas yang sangat berharga bagi siswa. Dengan mengenal urgensi dari sebuahmateri pembelajaran bakal mendorong siswa lebih bersemangat dan mempunyai motivasi yang tinggi dalam belajar. Sebab siswa tahu betul bahwa materi yang sedang dipelajari tersebut sesuatu yang sangat penting bagi perkembangan kepribadian dan kenasibannya.
4.    Hasil belajar yang diperoleh siswa adalah hasil yang awet.
Pembelajaran bakal lebih bermakna apabila hasil yang diperoleh siswa adalah sesuatu yang mantap dan awet dan dikuasai oleh para siswa. Hasil belajar yang mantap dan bagian lama artinya hasil pembelajaran tersebut meresap ke dalam pribadi siswa. Faktor ini bakal didapatkan oleh siswa apabila bahan pembelajaran sangatlah dipahami oleh siswa dan apa yang dipelajari tersebut betul-betul bermakna dan bisa dipergunakan oleh siswa dalam kenasibannya. Melvin L. Silberman mendesain teknik dimana siswa bisa mengingat apa yang dipelajarinya dan menjadikan materi yang dipelajari tersebut menjadi tidak terlupakan dan memahami tutorial menerapkannya di masa mendatang. Teknik tersebut adalah meperbuat salah satu alias berbagai dari yang berikut ini:
·         Peninjauan: mengingat dan mengikhtisarkan apa yang telah dipelajari.
·         Pekualitasan-diri: mengevaluasi perubahan-perubahan pengetahuan, keterampilan dan sikap.
·      Perencanaan masa mendatang: menentukan bagaimana siswa bakal melanjutkan belajarnya  seusai pelajaran beres.
·      Ungkapan perasaan terbaru: memberi tau pikiran, perasaan, dan masalah yang dihadapi siswa pada akhir pelajaran.
5.    Hasil belajar tersebut wajib bisa ditransfer ke situasi lain
Dalam pembelajaran yang bermakna hasil belajarnya wajib bisa ditransfer   ke situasi lain. Artinya apabila sesuatu yang dipelajari dalam sebuahbidang bisa dipakai di dalam bidang lain. Pembelajaran tidak bakal bermakna apabila apa yang dipelajari siswa tidak bisa ditransfer ke situasi lain, alias siswa gagal dalam transfernya. Sebagai contoh, seorang siswa yang  telah belajar bagaimana tutorial melaksanakan shalat dengan baik di sekolah diinginkan bisa memakai kepandaiannya dalam kenasiban sehari-hari. Sukses tidaknya sebuahtransfer hasil belajar tergantung pada persamaan unsur-unsur.
6.    Hasil belajar adalah dalam bentuk pemahaman dan wawasan.
Belajar bakal lebih manjur dan lebih bermakna apabila hasilnya adalah pemahaman, arti dan wawasan. Jadi, guru diinginkan berusaha menolong siswa untuk mencapai pemahaman yang sebaik-baiknya kepada apa yang dipelajarinya.
7.    Hasil pembelajaran itu adalah sesuatu yang berkegunaaan dan berkegunaaan bagi siswa.
Dalam prinsip pembelajaran yang bermakna apa yang dipelajari oleh siswa wajiblah berkegunaaan bagi siswa. Pemahaman kepada kegunaaan dari sebuahhasil pembelajaran wajiblah sama antara guru dengan  siswa dan jangan hingga terjadi kesalahpahaman, dimana tidak jarangkali guru meyakini apa yang bakal dipelajari siswa adalah sesuatu yang berkegunaaan bahkan mungkin sangat berkegunaaan. Namun di pihak siswa tidak merasakan sedikitpun kegunaaan dari apa yang dipelajarinya.
Menurut Muchlas Samani kesalahpahaman ini bisa terjadi sebab pola pikir keduanya tidak sama. Orang tua/guru menonton kegunaaan tersebut untuk jangka panjang, umpama dengan berbicara “ini penting untuk kalian seusai dewasa nanti”. Di pihak lain, siswa tidak memahami apa yang dimaksud seusai dewasa, sebab menonton kegunaaannya pada saat sekarang. Akibat terjadinya perbedaaan pemahaman tersebut, menyebabkan anak tidak termotivasi untuk belajar Paket Internet Paypal, sebab tidak mengerti kegunaaan dari apa yang dipelajari. Oleh sebab itu, siswa bakal termotivasi, apabila merasakan apa yang dipelajari bermakna baginya. Bermakna dalam arti sesuai dengan kebutuhannya, baik terkait dengan kegemaran maupun kebutuhan saat itu alias paling tidak dirinya yakin bakal kegunaaan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar